SELAMAT DATANG DI KABUPATEN NAGEKEO // WELL COME TO NAGEKEO

Senin, 12 Juli 2010

PERMASALAHAN BIDANG PEMUKIMAN & PRASARANA WILAYAH KABUPATEN NAGEKEO


1. Keadaan Topografi yang bergunung dan berlembah curam dengan batuan cadas, membutuhkan biaya tinggi dalam pembukaan, peningkatan dan pemeliharaan jalan.
2. Keterbatasan jenis dan jumlah peralatan berat. Kondisi peralatan yang ada sudah tidak lagi memenuhi persyaratan teknis karena umurnya relatif sudah tua. (rata-rata lebih dari 10 tahun).
3. Terbatasnya dana bagi pembukaan, peningkatan dan pemeliharaan jalan, menyebabkan jumlah dan kondisi jalan dalam wilayah Kabupaten Nagekeo tidak memenuhi standar teknis seperti : lebar, geometri dan type perkerasan.

6. Rendahnya kemampuan daya beli masyarakat terhadap bahan-bahan non lokal untuk membangun rumah tinggal, sanitasi dan MCK yang sehat, karena sebagian besar penduduk adalah petani-petani marginal.
7. Lokasi sumber-sumber / mata air relatif jauh dan melewati jurang-jurang terjal untuk sampai ke permukiman penduduk, bahkan banyak permukiman yang letaknya lebih tinggi dari sumber / mata air, sehingga dibutuhkan biaya operasional tinggi.
8. Terbatasnya prasarana pengairan (saluran, bendung, pintu air, bangunan sadap) khususnya irigasi pedesaan.
9. Banjir / genangan yang sering terjadi di Kota Mbay dan kota Kecamatan Wolowae di Marilewa akibat besarnya luapan air kiriman dari lereng-lereng perbukitan.
10. Jaringan perpipaan air bersih Kota Bajawa sudah tidak layak pakai, karena dibangun sejak zaman Penjajahan Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar