SELAMAT DATANG DI KABUPATEN NAGEKEO // WELL COME TO NAGEKEO

Senin, 12 Juli 2010

TODA GU, ATRAKSI SENI BUDAYA SANGGAR LALU KILE

SINOPSIS TODA GU

ATRAKSI SENI BUDAYA SANGGAR LALU KILE – BOAWAE – KABUPATEN NAGEKEO
DALAM RANGKA JAMBORE PARIWISATA NTT TAHUN 2009
Tanggal 5 – 6 Oktober 2009
DI ALOR
Pemerintah Kabupaten Nagekeo, dalam kegiatan Jambore Pariwisata Tingkat Propinsi NTT tahun 2009 di Alor, menampilkan dua jenis atraksi seni budaya yang merupakan asset kekayaan dan kebanggaan daerah dan bangsa Indonesia. Bersama dengan Sanggar LALU KILE, yang merupakan mitra Dinas Perhubungan, Kebudayaan Pariwisata, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo, kami menghadirkan dua jenis atrkasi selama kegiatan Jambore, yakni TARIAN TODA GU dan ATRAKSI ETU / Tinju Tradisional.
TODA GU

Tarian TODA GU dalam pergaulan hidup sehari-hari merupakan nama salah satu atraksi tari tradisional masyarakat Boawae Kabupaten Nagekeo. Dinamakan Toda Gu, terutama karena alat music pengiring tarinya menggunakan gendang (=TODA) dan bambu aur (=GU) yang ditabuh dalam nada dan irama sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan expresi gerak dan tari, dan kerena itu disebut Tari TODA GU.

Atraksi ini, dalam keseharian ritual adat masyarakat setempat, biasa dilakukan saat pembuatan maupun pemugaran rumah adat (SAO WAJA) maupun saat penancapan tiang agung di tengah kampung (PA PEO). Makna utamanya adalah sebagai ungkapan atau ekspresi keperkasaan dan ketangkasan dalam melindungi tanah air ataupun segenap harta kekayaan yang dimiliki. Alat yang digunakan penari dalam mengimbangi gerakan kaki adalah tombak (Bhuja) dan Pedang (Topo). Dari alat yang digunakan juga warna gerak yang dimilikinya ma ka para penarinya adalah hanya kaum laki-laki. Tidak untuk kaum perempuan. Kalau untuk perempuan adalah tari TEA EKU, dengan alat pengimbang gerakan kaki adalah sapu tangan.

Tarian ini dipersembahkan oleh Grup Sanggar LALU KILE dari Boawae Kabupaten Nagekeo. Atraksi ini sudah umum dikenal dan dipertontonkaN.

Peserta asal Kabupaten Nagekeo yang mengikuti kegiatan jamboree pariwisata ALOR tahun 2009 ini berjumlah 15 orang terdiri dari peserta dari sanggar 13 orang dan pendamping dari dinas terkait 2 orang.

Sumber Data: Koordinator TIM SILVESTER TEDA SADA, S.Fil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar